Search Box

Bagaimana Cara Berhenti Merokok?

Banyak sekali orang yang pada umumnya orang dewasa merupakan perokok-perokok berat. Umumnya mereka merokok bukan karena pilihan, melainkan karena mereka tidak memiliki jalan keluar. Mereka terus-menerus merokok karena mereka sudah terbiasa merokok sejak usia belasan tahun sementara begitu banyak orang muda beranggapan bahwa mereka kelihatan gagah bila merokok. Banyak di antara mereka yang sudah mulai berusaha untuk berhenti merokok, tapi ternyata mereka tidak berdaya melawan hasrat untuk merokok.

Mengapa sih hal merokok ini harus kita perhatikan? Jawabannya adalah untuk beberapa alasan. Merokok ini dapat menyebabkan penurunan daya tahan seseorang terhadap penyakit. Para perokok berat umumnya meninggal lima sampai sepuluh tahun lebih cepat daripada orang yang bukan perokok. Dalam banyak hal kasus ini disebabkan oleh sesuatu keadaan pada jantung atau pembuluh-pembuluh darah. Faktor lainnya yang penting adalah kanker paru-paru. Inilah alasan-alasan mengapa seseorang bukan hanya harus menyimpan uangnya, tetapi juga kesehatan dan tenaga hidupnya.

Mungkin anda tidak terlalu tertarik pada hal ini sekarang, karena anda sama sekali bukanlah perokok. Tetapi mungkin kebanyakan dari sahabat-sahabat anda adalah perokok-perokok yang mulai mengarah menjadi perokok berat, dan untuk kepentingan merekalah anda perlu tahu sesuatu tentang persoalan ini. Tiap cerutu yang dihisap oleh sahabat anda menjadikan mereka jauh lebih lemah. Kalau begitu mengapa sih mereka tidak berhenti merokok saja? Itu karena mereka sudah ketagihan nikotin yang terkandung di dalam rokok. Nikotin adalah suatu racun yang keras yang selalu terdapat di dalam daun-daun tembakau.

Mengapa sih kok begitu sulit bagi banyak orang untuk berhenti merokok? Tidak disangsikan lagi, kebanyakan orang terus-menerus merokok karena mereka mendapat kenikmatan yang sementara dari tembakau. Tetapi ini selalu diikuti dengan kelesuan, yang kemudian akhirnya memerlukan sepuntung rokok lagi untuk menghilangkannya.

Anehnya, beberapa daun coklat yang digulung menjadi pipa kertas kecil atau diisikan rapat-rapat di pipa rokok mempunyai pengaruh yang besar sekali pada kehidupan seseorang. Apakah itu bisa menjadi jalan keluar yang sementara dari tekanan hidup di tengah ketegangan yang terus-menerus? Memang benar bahwa banyak dari perokok berat berpenyakit saraf. Merokok menyediakan suatu jalan keluar yang cepat dari dua pilihan yang serba sulit. Racun-racun yang terdapat di dalam daun tembakau memberikan kenikmatan sementara sehingga mereka terus-menerus merokok, menyalakan satu batang dari puntung lainnya. Sementara itu tembakau dengan perlahan-lahan merusak kesehatan mereka dan memerpendek hidup mereka.

Beruntungkah Orang yang Berhenti Merokok?

Apakah yang akan terjadi bila seseorang berhenti merokok? Pencernaannya akan bertambah baik, tekanan darahnya menjadi normal kembali, kualitas darahnya sendiri bertambah baik, dan jantungnya akan bekerja lebih baik. Tetapi bukan ini saja, karena orang yang meninggalkan kebiasaan merokok sebenarnya melakukan sesuatu yang berguna bagi kesehatannya. Ia mempunyai sedikit kemungkinan untuk terkena penyakit jantung selama tahun-tahun kehidupannya yang produktif. Lagi pula dia akan memiliki sedikit kemungkinan terkena penyakit hidung dan tenggorokan.

Sudah pernahkah anda mendengar tentang “perokok sering terbatuk-batuk?” Tentu saja sudah kan? Beberapa dari sahabat-sahabat anda menderita radang cabang tenggorokkan menahun, barangkali anda juga demikian? Radang tenggorokan sangat umum terjadi pada perokok berat. Tetapi ada lagi yang perlu anda khawatirkan, karena penyakit menahun ini mungkin juga membawa kepada penyakit kanker.

Memang benar, kita harus mengakui bahwa beberapa dokter percaya bahwa ada faktor-faktor lain yang menyebabkannya. Ini mungkin benar. Tetapi fakta yang membuktikan bahwa orang-orang yang tidak merokok ternyata memiliki sedikit kemungkinan terkena penyakit tenggorokan dan paru-parunya dan juga jantung dan peredarannya, dengan tidak menghiraukan “faktor-faktor lain” ini. oleh sebab itu, orang yang bijaksana akan menghindari pemakaian tembakau yang mempunyai kekuatan untuk merusak tubuh.

Racun-Racun dalam Tembakau

Sebenarnya ada delapan belas racun yang berbeda-beda di dalam sebatang rokok. Beberapa dari racun-racun ini menyerang selaput-selaput halus pada saluran pernapasan. Yang lain lagi memasuki aliran darah dan mengganggu peredaran darah yang normal. Tetapi yang paling berbahaya adalah tar, yaitu suatu zat karsinogen yang dapat menimbulkan kanker, dan nikotin.

Zat-zat tar ini disalurkan ke dalam cabang-cabang tenggorokan dan paru-paru dengan perantaraan asap, dan sesudah itu disimpan di dalam selaput lendir pembuluh-pembuluh ini, di mana menyebabkan banyak ransangan setempat. Sebenarnya selaput lendir ini mungkin menjadi empat atau lima kali lebih tebal pada perokok berat bila dibandingkan dengan orang yang bukan perokok. Ini menyebabkan hambatan pada saluran udara ke dalam paru-paru dan menjadikannya jauh lebih sukar bernapas.

Sari dari zat tar ini digunakan oleh para ahli ilmiah untuk mendatangkan kanker pada tikus dan binatang-binatang percobaan lainnya. Tetapi mengapa anda memasukkan racun seperti itu ke dalam tubuh anda dan diri sendiri menanggung resiko mendapat kanker paru-paru?

Nikotin merupakan salah satu zat yang paling keras yang diketahui oleh manusia. Sebagai suatu racun, nikotin itu merupakan yang kedua dari cyanida yang pengaruhnya dapat merusak tubuh. Untunglah kebanyakan nikotin dibinasakan waktu tembakau itu dibakar, tetapi cukup banyak daripadanya masuk ke dalam paru-paru si perokok untuk memberi dia “kenikmatan”. Dengan kata lain, nikotin merangsang susunan urat saraf. Tetapi dorongan sementara ini diikuti dengan kelesuan yang sebaliknya memerlukan tambahan rokok lagi. Nikotinlah yang menyebabkan ketagihan tembakau.

Cara Berhenti Merokok

Bagaimana seseorang sebenarnya dapat berhenti merokok? Tentu saja yang pertama kali harus dilakukan olehnya adalah berniat kuat untuk BERHENTI. Apakah anda mengambil keputusan untuk berhenti hanya sejam sekali selama hari pertama, dan dua jam keesokan harinya, atau apakah anda berhenti sama sekali adalah persoalan probadi yang harus anda putuskan sendiri. Hampir setiap perokok yang sungguh-sungguh ingin berhenti merokok akan menghadapi suatu perjuangan yang sesungguhnya. Apakah yang harus diperbuat? Berikut beberapa langkah yang dapat diambil.

1. Jauhkanlah diri dari para perokok lain sebisa mungkin, terutama selama beberapa minggu berikutnya. Ini akan mengelakkan diri dari godaan dan menguatkan keputusan anda untuk tidak memulai lagi.

2. Jadilah seorang pengikut kampanya yang ulet terhadap pemakaian tembakau dalam bentuk apapun. Ini mungkin akan membuat bosan beberapa dari sahabat-sahabat anda untuk sementara waktu, tetapi akhirnya anda mungkin dapat menolong mereka juga.

3. Mandilah air hangat dua kali sehari setiap hari dan ikutilah niat ini dengan mandi menggunakan pancuran air dingin.

4. Perbanyak gerakkan badan termasuk menarik napas dalam-dalam serta berjalan-jalan jauh di udara terbuka beberapa kali setiap hari. Ini akan membersihkan paru-paru dan memperbaiki perasaan kesehatan anda.

5. Jagalah makan anda. Usahakanlah makan banyak buah-buahan dan sayur-sayuran yang segar. Ini merupakan suatu penawar yang manjur terhadap racun-racun tembakau. Pada hakekatnya, jika anda makan sedikit kecuali buah-buahan dan sayur-sayuran selama beberapa minggu berikutnya, anda akan segera kehilangan keinginan untuk merokok. Jika perlu makanlah sedikit-sedikit tetapi lebih sering untuk menstabilkan kadar gula dalam darah. Ini akan menolong menenangkan urat-urat saraf anda selama waktu tegang ini.

6. Jangan tahan lapar lama-lama. Makanlah dengan teratur dan jangan mencoba mengurangi berat badan sementara anda mencoba menghilangkan kebiasaan merokok. Anda mungkin akan bertambah berat beberapa kilogram, tetapi tidak usah khawatir tentang ini. anda dapat mengurangi berat tambahan ini kemudian.


7. Jauhkanlah makanan yang banyak sekali bumbunya dan minuman keras. Barangkali bahan-bahan ini telah mendorong keinginan anda untuk menggunakan tembakau, dan telah merusak selera anda untuk makan makanan yang normal yang membangun tubuh. Tinggalkanlah bahan-bahan seperti merica, rempah-rempah, dan segala yang pedas-pedas dari makanan anda. Anda malahan harus berhati-hati dengan penggunaan garam yang berlebihan. Tidak lama kemudian anda akan heran oleh adanya cita rasa yang baru yang sedang anda dapati dalam makanan anda.

8. Buanglah semua rokok anda dan semua bekas tembakau yang anda miliki. Tidaklah aman menyimpan suatu bahan rokok yang mudah didapat. Godaan untuk mulai menggunakan bahan itu akan jauh lebih besar.


9. Serahkan diri kepada Allah setiap hari dan setiap jam, memohon pertolongan-Nya bilamana anda merasakan adanya dorongan untuk merokok lagi. Kekuatan Allah selalu didapat oleh mereka yang memerlukannya.

10. Janganlah ragu-ragu dalam keputusan anda untuk mengalahkan kebiasaan merokok, karena ini lebih berharga daripada segala usaha yang terpaksa anda lakukan.

Sekali anda dapat memecahkan persoalan ini, anda akan heran melihat kenyataan betapa lebih baiknya perasaan anda. Jantung akan berdenyut dengan normal, urat saraf akan tenang, dan denyut nadi menjadi kuat dan tetap. Pernapasan juga baunya menjadi bersih, otot-otot tidak tegang, dan pikiran akan dapat mengontrol diri sendiri. Ini akan memberi kekuatan moril dan intelektual, karena anda tidak lagi diperbudak oleh kebiasaan merokok. Mulai sekarang anda akan dapat menikmati kesehatan yang lebih baik dan dengan berkat Allah, anda akan menikmati kepuasan dan kebahagiaan yang benar.

Sumber pustaka:
Anderson, C. R. Petunjuk Modern Kepada Kesehatan. Bandung: Indonesia Publishing House.

No comments:

Post a Comment